Terapi Fisik dan Rehabilitasi medis Ruptur Tendon Achilles

Patologi tendon Achilles termasuk ruptur dan tendonitis. Pecahnya tendon Achilles, gangguan total pada tendon, diamati paling sering pada pasien berusia 30-50 tahun yang tidak pernah mengalami cedera atau masalah sebelumnya. Tendon Achilles adalah kabel berserat kuat yang menghubungkan otot-otot di belakang betis ke tulang tumit. Jika meregangkan tendon Achilles, tendon ini dapat robek (pecah) seluruhnya atau hanya sebagian.  Pecahnya tendon Achilles adalah cedera yang memengaruhi bagian belakang tungkai bawah. Ini terutama terjadi pada orang yang bermain olahraga rekreasi, tetapi bisa terjadi pada siapa saja.

Terapi fisik
Terapi fisik untuk pasien tendinosis Achilles terdiri dari tahapan berikut:

• Pada fase pertama dan kedua dari terapi fisik, nyeri digunakan untuk memandu intensitas latihan; dorsofleksi pergelangan kaki aktif dengan peregangan betis yang lembut dilakukan
  • Pada fase menengah, penguatan menggantikan ROM aktif, dan program kontrol neuromuskuler dimulai
  • Pada fase ketiga rehabilitasi, stres progresif diterapkan di bawah kendali yang baik untuk memungkinkan kolagen terbentuk dengan tepat; saat nyeri hilang, peregangan agresif dan gerakan melawan aktif dilakukan
  • Tendinosis Achilles paling baik dicegah dan diobati dengan mempertahankan ROM yang baik di kompleks kabel tumit. Gerakan tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan papan miring, bersandar di dinding, atau latihan peregangan “kaki di kursi”. Penerapan panas lembab atau kompres sebelum latihan dan di malam hari bermanfaat. Modalitas dingin harus digunakan setelah aktivitas berat untuk meredakan nyeri dan efek anti-inflamasi.
  • Koreksi defisit kekuatan dan fleksibilitas unit otot-tendon pada tendinosis Achilles, bersama dengan ultrasonografi, fonoforesis, dan modalitas lainnya, dapat digunakan. Ini dapat dilakukan di bawah pengawasan ahli terapi fisik atau berdasarkan instruksi atau selebaran dari dokter. Peregangan betis harus dilakukan dengan lutut pada kedua ekstensi (untuk meregangkan otot gastrocnemius) dan fleksi (untuk meregangkan otot soleus).
  • Landasan penguatan sekarang adalah penggunaan latihan eksentrik, dengan sebagian besar pasien mencapai pengurangan nyeri 60-90%. Seperti halnya peregangan, penguatan harus dilakukan dengan lutut dalam ekstensi dan fleksi. Program penguatan betis beban berat, eksentrik, dan kuat telah terbukti sangat bermanfaat untuk mengobati tendinosis resisten pada pelari dan untuk mengembalikan mereka ke aktivitas penuh. ] Peneliti telah mengevaluasi korelasi yang erat antara hasil klinis yang baik dengan pelatihan eksentrik dan penurunan yang ditandai dalam neovaskularisasi tendon.
  • Pelatihan silang dengan latihan berdampak rendah dapat dimulai selama fase ini. Jika nyeri berkembang, atlet harus mengurangi jumlah aktivitas 1 tingkat untuk mengurangi nyeri.
  • Jika individu tersebut bebas rasa sakit dengan aktivitas berdampak rendah, atlet dapat memulai pelatihan khusus olahraga. Jika nyeri berkembang saat aktivitas ditingkatkan, pasien harus menurunkan tingkat aktivitas ke aktivitas yang tidak menyebabkan nyeri.
  • Perawatan harus diambil untuk tidak melakukan kesalahan pelatihan lagi jika itu yang awalnya menyebabkan tendinosis. Pasien harus menghangatkan unit otot-tendon dengan baik sebelum melakukan aktivitas berat, seperti lari cepat dan melompat.
  • Pada kasus paratenonitis dan tendinosis kronis dan refrakter dengan tali tumit yang ketat meskipun meregang, “belat malam” dapat digunakan.  Orthosis ini mirip dengan sepatu bot ortopedi dan dipakai pada malam hari, menjaga pergelangan kaki pada dorsofleksi 5 °.
  • Dalam kasus refraktori dengan hiperpronasi, ortotik kustom dengan tiang tumit medial dapat dicoba.
Terekomendasi :  Patofisiologi Drop Foot

Orthotics

• Terapi ortotik pada tendinosis Achilles terdiri dari penggunaan pengangkatan tumit; Namun, lift biasanya tidak digunakan sejauh setelah pengecoran serial untuk pecah. Tujuannya agar pasien akhirnya bisa menggunakan sepatu konvensional.
  • Perangkat ortotik paling sering digunakan secara bilateral untuk mencegah ketidakseimbangan gaya berjalan. Karena overpronation dan cavus foot deformities dapat menyebabkan tendinosis, custom orthotic untuk mengoreksi overpronation atau sepatu penyerap goncangan untuk kelainan bentuk cavus dapat mengurangi rasa sakit juga.

Terapi NSAID

• Paratenonitis Awalnya untuk paratenonitis Achilles akut, obat anti inflamasi es dan nonsteroid (NSAID) untuk mengurangi peradangan dan nyeri seringkali membantu.
  • Tendinosis Logikanya, antiperadangan seharusnya tidak membantu dalam tendinosis karena ini bukan kondisi peradangan. Memang, penelitian tidak menunjukkan manfaat klinis dari NSAID. Namun, obat ini tampaknya memiliki beberapa efek, dan kebanyakan dokter menggunakan NSAID dalam rejimen pengobatan nonoperatif. Praktik ini berlanjut karena NSAID memungkinkan pasien mengabaikan gejala ringan. Hasil penelitian laboratorium menunjukkan peran alternatif untuk efek NSAID, di mana penyembuhan tendon ditingkatkan. Temuan dari penelitian lain menunjukkan bahwa pengurangan jumlah neutrofil dan makrofag terjadi di dalam tendon; Namun, jumlah ini diketahui terbatas pada tendinosis sejati.

Suntikan steroid

• Suntikan steroid masih kontroversial. Mereka pasti bisa meredakan gejala nyeri dalam jangka pendek; Namun, apakah steroid dapat membantu penyembuhan dan harus tetap digunakan sebagai bagian dari rejimen pengobatan tendinosis masih diperdebatkan.
  • Selain itu, suntikan steroid, terutama suntikan ganda, dapat melemahkan tendon, menyebabkan tendon pecah. Memang, Astrom menemukan bahwa injeksi kortikosteroid adalah satu-satunya prediktor robekan tendon parsial dalam serangkaian besar tendinosis Achilles kronis yang akhirnya memerlukan pembedahan.

Sklerosis pembuluh darah

• Sebuah penelitian kecil telah menunjukkan perbaikan gejala setelah injeksi agen sklerosis (polidocanol) pada tendinosis Achilles yang menyakitkan. Asumsinya adalah bahwa sclerosant mengurangi neovaskularisasi dan, oleh karena itu, menyebabkan nyeri. Dalam uji coba ini, 10 pasien dipantau selama 6 bulan, dengan 8 mengalami pengurangan gejala. [70] Dalam penelitian serupa terhadap 25 pasien (26 tendon) yang disuntik dengan polidocanol untuk tendinosis Achilles, 19 pasien (20 tendon) melaporkan hasil yang sangat baik pada 6-12 bulan tindak lanjut.
Terekomendasi :  7 Permasalahan Pada Kaki

Suntikan trombosit

• Injeksi platelet-rich plasma (PRP) telah menjadi populer untuk tendinosis refrakter, terutama epikondilitis lateral kronis. Hasil studi tentang efektivitas suntikan PRP beragam. Berkenaan dengan tendinosis Achilles, beberapa hasil studi menunjukkan tidak ada perbedaan hasil antara injeksi PRP intratendinous dan injeksi saline pada 1 tahun, sedangkan penelitian lain menunjukkan perbaikan gejala yang sedang (> 50%).

Oksida nitrat

• Nitrit oksida telah terbukti “merangsang sintesis kolagen dalam fibroblas” —populasi sel utama yang ditemukan dalam penyembuhan jaringan tendon — dan “mendorong pembentukan kembali tendon.” [75, 76] Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan oksida nitrat di area cedera “meningkatkan penyembuhan tendon melalui reorganisasi kolagen dan kehilangan massa jaringan.”
  • Nitrit oksida paling sering digunakan dalam bentuk patch transdermal nitrogliserin. Seperempat dari patch 5 mg yang digunakan setiap hari selama 12-24 minggu telah disarankan. Namun, sebaiknya tidak digunakan dalam kombinasi dengan obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi atau hipertensi paru (misalnya, sildenafil, tadalafil). Selain itu, tindakan pencegahan harus diperhatikan dengan pemberian bersama rosiglitazone, obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain (alkaloid ergot seperti ergotamine), dan obat-obatan yang menurunkan tekanan darah (termasuk penghambat alfa seperti tamsulosin).

Terapi gelombang kejut

• Terapi gelombang kejut ekstrakorporeal (ESWT) telah menjadi sumber minat untuk mengobati tendinosis Achilles insersional dan noninsersional kronis. Data yang berkembang sangat positif, menunjukkan bahwa ESWT berenergi rendah dapat meningkatkan rasa sakit dan fungsi dengan meningkatkan aliran darah ke tendinosis kronis.
  • ESWT berenergi tinggi juga menjanjikan sebagai pengobatan untuk tendinosis Achilles penyisipan. Satu studi menunjukkan bahwa pengobatan tunggal lebih efektif daripada pengobatan konservatif tradisional dalam mengurangi rasa sakit dan memungkinkan pasien untuk kembali ke aktivitas mereka.
  • Dalam studi terkontrol secara acak tentang penggunaan pembebanan eksentrik versus penggunaan pembebanan eksentrik ditambah pengobatan gelombang kejut untuk tendinosis Achilles bagian tengah kronis, pada tindak lanjut 4 bulan, pembebanan eksentrik saja kurang efektif dibandingkan terapi kombinasi (56%) vs 82% sepenuhnya pulih atau lebih baik pada skala Likert). Namun, pada 1 tahun masa tindak lanjut, perbedaannya telah sangat berkurang.

Terapi Actovegin

• Pforringer membandingkan suntikan subkutan Actovegin (ekstrak darah anak sapi yang dideproteinisasi) dengan suntikan subkutan dari plasebo. Perawatan Actovegin secara signifikan mengurangi rasa sakit, tetapi pasien hanya dipantau selama 3 minggu.
Terekomendasi :  Program Rehabilitasi Terapi Fisik Pada Fraktur Stres Ekstrimitas Bawah

Pijat gesekan

• Bukti klinis yang jarang mendukung penggunaan pijat gesekan dalam. Tinjauan Cochrane pada tahun 2002 tidak menunjukkan manfaat yang jelas, meskipun peninjau tidak mengevaluasi tendon Achilles secara khusus.

Akupunktur

• Untuk pasien yang juga ingin menggunakan modalitas pengobatan komplementer dan alternatif, penelitian telah menunjukkan akup itu