Penanganan Terkini Paronikia Pada Kuku

Paronikia adalah peradangan pada kulit di sekitar kuku , yang dapat terjadi secara tiba-tiba, yang biasanya disebabkan oleh bakteri Staph. aureus , atau secara bertahap bila umumnya disebabkan oleh Candida albicans .

Paronikia biasanya akut, tetapi kasus kronis terjadi. Pada paronikia akut, organisme penyebab biasanya Staphylococcus aureus atau streptococci dan, lebih jarang, spesies Pseudomonas atau Proteus. Organisme masuk melalui kerusakan pada epidermis akibat dari hangnail, trauma pada lipatan kuku, kehilangan kutikula, atau iritasi kronis (misalnya akibat air dan deterjen). Menggigit atau menghisap jari juga dapat mempengaruhi orang untuk mengembangkan infeksi. Pada jari kaki, infeksi sering dimulai dari kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

Terapi obat baru, seperti dengan penghambat reseptor faktor pertumbuhan epidermal (EGFR), target mamalia dari rapamycin (mTOR), dan penghambat gen BRAF yang lebih jarang, dapat menyebabkan paronikia bersama dengan perubahan kulit lainnya. Mekanismenya belum sepenuhnya dipahami. Namun, kebanyakan kasus tampaknya disebabkan oleh obat itu sendiri, seperti melalui perubahan dalam metabolisme asam retinoat, dan bukan oleh infeksi sekunder.

Pada pasien diabetes dan mereka yang menderita penyakit pembuluh darah perifer, paronikia jari kaki dapat menyebabkan infeksi yang lebih luas dan mengancam anggota tubuh.

Akut dan kronis

• Jari telunjuk dan jari tengah paling sering terkena dan biasanya muncul dengan kemerahan, bengkak, dan nyeri. Nanah atau cairan mungkin ada.
  • Perawatan berkisar dari antibiotik dan anti-jamur, dan jika ada nanah, pertimbangan untuk membuat sayatan dan drainase . Paronikia biasanya salah diterapkan sebagai sinonim dari herpetic whitlow atau felon
  • Paronikia adalah peradangan kulit di sekitar kuku , yang bisa terjadi secara tiba-tiba (akut), padahal biasanya disebabkan oleh bakteri Staph. aureus , atau secara bertahap (kronis) bila umumnya disebabkan oleh Candida albicans .
  • Istilah ini dari bahasa Yunani : παρωνυχία dari para , “sekitar”, onyx , “paku” dan akhiran kata benda abstrak -ia

Tanda dan gejala

Paronikia berkembang di sepanjang tepi kuku (lipatan kuku lateral dan / atau proksimal), bermanifestasi selama berjam-jam hingga berhari-hari dengan rasa sakit, hangat, kemerahan, dan bengkak. Nanah biasanya berkembang di sepanjang tepi kuku dan terkadang di bawah kuku. Infeksi bisa menyebar ke ujung jari pulpa, menyebabkan penjahat. Jarang, infeksi menembus jauh ke dalam jari, terkadang menyebabkan tenosinovitis fleksor menular.

Riwayat pasien sangat penting dalam menentukan kemungkinan kondisi sistemik dan faktor risiko yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengalami paronikia. Ini mungkin termasuk yang berikut:

• Diabetes melitus
  • Kegemukan
  • Hiperhidrosis
  • Cacat imunologis
  • Poliendokrinopati
  • Imunosupresi akibat obat
  • Penggunaan retroviral – Indinavir dan lamivudine, khususnya, dianggap terkait dengan peningkatan kejadian pembentukan paroniki
Terekomendasi :  Penanganan Terkini In Growing Toe Nail Kuku Tumbuh ke dalam

Pasien mungkin memberikan riwayat berikut :

• Menggigit kuku
  • Mengisap jari
  • Trauma jari sepele
  • Paparan jari terhadap iritan kimiawi
  • Penggunaan kuku akrilik atau lem kuku
  • Paku pahatan
  • Sering-seringlah merendam tangan dalam air

Tanyakan juga kepada pasien tentang durasi gejala dan riwayat infeksi kuku serta pengobatan sebelumnya.

Karena paronikia diketahui bermula dari lesi ganas, riwayat keganasan sebelumnya atau tampilan jaringan di sekitarnya berpigmen dan tidak teratur harus menghasilkan kecurigaan yang sesuai dan rujukan untuk biopsi.

Pembengkakan tanpa rasa sakit atau pembengkakan parah yang menjalar membutuhkan diagnosis banding yang diperluas. [29] Pembengkakan yang tidak nyeri di bagian lateral lempeng kuku pada pasien dengan osteoartritis harus segera diselidiki untuk mencari kista mukosa.

• Cantengan akut Pasien biasanya sehat tetapi mengeluhkan nyeri, nyeri tekan, dan bengkak di salah satu lipatan lateral kuku.
  • Cantengan kronis
    Umumnya, pasien melaporkan gejala yang berlangsung 6 minggu atau lebih. Peradangan, nyeri, dan pembengkakan dapat terjadi secara episodik, seringkali setelah terpapar air atau lingkungan yang lembab.

Infeksi paronychial kronis dan berulang harus diteliti untuk menyingkirkan keganasan atau infeksi jamur.

juk dan jari tengah paling sering terkena dan mungkin muncul dengan kemerahan, bengkak, dan nyeri. Nanah atau cairan mungkin ada.

• Infeksi kutikula sekunder akibat suban
  • Jari manis kiri dan kanan dari individu yang sama. Phalanx distal jari di sebelah kanan menunjukkan pembengkakan akibat paronikia akut
  • Cantengan kronis

Penyebab

• Cantengan akut biasanya disebabkan oleh bakteri. Paronikia sering diobati dengan antibiotik , baik topikal atau oral atau keduanya. Cantengan kronis paling sering disebabkan oleh infeksi jamur pada jaringan lunak di sekitar kuku, tetapi juga dapat ditelusuri ke infeksi bakteri . Jika infeksinya terus menerus, penyebabnya seringkali jamur dan perlu krim atau cat antijamur untuk diobati.
  • Faktor risiko termasuk berulang kali mencuci tangan dan trauma pada kutikula seperti yang mungkin terjadi akibat menggigit kuku berulang kali. Dalam konteks bartending, ini dikenal sebagai bar rot .
  • Paronikia prosector adalah inokulasi utama tuberkulosis pada kulit dan kuku, dinamai sesuai hubungannya dengan prosektor , yang menyiapkan spesimen untuk diseksi. Paronikia di sekitar seluruh kuku kadang-kadang disebut sebagai paronikia berjalan .
  • Cantengan yang menyakitkan sehubungan dengan ruam keratotik , eritematosa , bersisik ( papula dan plak) pada telinga, hidung, jari tangan, dan jari kaki mungkin merupakan indikasi acrokeratosis paraneoplastica , yang berhubungan dengan karsinoma sel skuamosa pada laring .
  • Paronikia dapat terjadi dengan diabetes , imunosupresi akibat obat, [12] atau penyakit sistemik seperti pemfigus .

Diagnosis
Jenis Paronikia dapat dibagi menjadi terjadi secara tiba-tiba, akut, atau bertahap, kronis.

• Akut Cantengan akut adalah infeksi pada lipatan jaringan yang mengelilingi kuku jari atau, lebih jarang, jari kaki, yang berlangsung kurang dari enam minggu. Infeksi biasanya dimulai di paronychium di sisi kuku, dengan kemerahan, bengkak, dan nyeri di sekitarnya.  Paronikia akut biasanya disebabkan oleh trauma langsung atau tidak langsung pada kutikula atau lipatan kuku, dan mungkin dari kejadian yang relatif kecil, seperti mencuci piring, cedera dari serpihan atau duri, menggigit kuku, menggigit atau mencabut kuku gantung , mengisap jari, kuku yang tumbuh ke dalam , atau prosedur manikur . [16] : 339
  • Kronis  Paronikia kronis adalah infeksi pada lipatan jaringan yang mengelilingi kuku jari atau, lebih jarang, jari kaki, yang berlangsung lebih dari enam minggu. gangguan ini adalah penyakit kuku yang umum terjadi pada individu yang tangan atau kakinya terkena lingkungan lokal yang lembap, dan sering kali disebabkan oleh dermatitis kontak . Pada paronikia kronis, kutikula terpisah dari lempeng kuku, meninggalkan daerah antara lipatan kuku proksimal dan lempeng kuku rentan terhadap infeksi. Bisa jadi akibat mencuci piring, menghisap jari, memotong kutikula secara agresif, atau sering bersentuhan dengan bahan kimia ( alkali ringan, asam , dll.).
Terekomendasi :  Penanganan Terkini Paronikia Kronis

Sebagai alternatif, paronikia dapat dibagi sebagai berikut:

• Cantidal paronychia adalah peradangan pada lipatan kuku yang diproduksi oleh Candida albicans .
  • Paronikia piogenik adalah peradangan pada lipatan kulit di sekitar kuku yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya paronikia akut adalah paronikia piogenik karena biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Diferensial Diagnosis

• Paronikia biasanya salah diterapkan sebagai sinonim untuk whitlow atau penjahat.

Pengobatan

• Jika tidak ada nanah , rendam hangat untuk paronikia akut dapat dilakukan, meskipun tidak ada bukti yang mendukung penggunaannya.
  • Perawatan pilihan tergantung pada tingkat infeksi. Jika didiagnosis lebih awal, paronikia akut tanpa abses yang jelas dapat diobati tanpa pembedahan. Jika pembengkakan jaringan lunak muncul tanpa fluktuasi, infeksi dapat sembuh dengan rendam hangat 3-4 kali sehari.
  • Pasien dengan selulitis di sekitarnya yang luas atau dengan riwayat diabetes, penyakit pembuluh darah perifer, atau keadaan sistem imun yang terganggu dapat memperoleh manfaat dari antibiotik jangka pendek. Penisilin antistaphylococcal atau sefalosporin generasi pertama umumnya efektif; klindamisin dan amoksisilin-klavulanat juga sesuai.
  • Namun, jika abses telah berkembang, insisi dan drainase harus dilakukan. Debridemen bedah mungkin diperlukan jika terdapat infeksi fulminan.
  • Herpetic whitlow dan paronychia harus dibedakan karena perawatannya sangat berbeda. Kesalahan diagnosis dan penganiayaan mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan. Setelah herpetic whitlow dikesampingkan, seseorang harus menentukan apakah paronikia akut atau kronis dan kemudian mengobatinya
  • Perawatan sederhana dengan antibiotik topikal yang dijual bebas seperti mupirocin [Bactroban], gentamisin, bacitracin / neomycin / polymyxin B [Neosporin] mungkin cukup untuk kasus ringan.  Antibiotik seperti klindamisin atau sefaleksin juga sering digunakan, yang pertama lebih efektif di area di mana MRSA umum terjadi.  Jika ada tanda-tanda abses (adanya nanah) sebaiknya drainase.
  • Paronikia kronis diobati dengan menghindari apa pun yang menyebabkannya, antijamur topikal , dan steroid topikal . Pada mereka yang tidak membaik setelah tindakan ini, antijamur oral dan steroid dapat digunakan atau lipatan kuku dapat diangkat melalui pembedahan
Terekomendasi :  Penanganan Terkini In Growing Toe Nail Kuku Tumbuh ke dalam

PENANGANAN PARONIKIA AKUT

• Antibiotik efektif melawan stafilokokus dan streptokokus
  • Drainase nanah
  • Pengobatan awal adalah kompres hangat atau rendam dan antibiotik oral efektif melawan stafilokokus dan streptokokus (misalnya, diklooksasilin atau sefaleksin 250 mg 4 kali sehari, klindamisin 300 mg 4 kali sehari). Di daerah di mana S. aureus resisten metisilin umum, antibiotik yang efektif melawan organisme ini (misalnya, trimetoprim / sulfametoksazol) harus dipilih berdasarkan hasil tes sensitivitas lokal. Pada pasien dengan diabetes dan orang lain dengan penyakit pembuluh darah perifer, paronikia jari kaki harus dipantau untuk tanda-tanda selulitis atau infeksi yang lebih parah (misalnya, perluasan edema atau eritema, limfadenopati, demam).
  • Pembengkakan yang berfluktuasi atau nanah yang terlihat harus dikeringkan dengan lift Freer, hemostat kecil, atau pisau bedah # 11 disisipkan di antara kuku dan lipatan kuku. Sayatan kulit tidak diperlukan. Sumbu kain kasa tipis dapat dipasang selama 24 hingga 48 jam untuk memungkinkan drainase.
  • Kasus yang disebabkan oleh terapi inhibitor reseptor faktor pertumbuhan epidermal dan refrakter terhadap pengobatan biasa berhasil diobati dengan plasma kaya trombosit autologus.