Tanda dan Gejala Deformitas Pes Planus Progresif (Flatfoot)

Deformitas Pes Planus Progresif (Flatfoot)

Deformitas pes planus progresif (flatfoot) pada orang dewasa adalah hal yag umum ditemui oleh ahli bedah ortopedi. Deformitas yang berkembang setelah mencapai kematangan tulang biasanya disebut sebagai deformitas flatfoot yang didapat orang dewasa (AAFD). AAFD harus dibedakan dari kaki datar konstitusional, yang merupakan morfologi kaki nonpatologis bawaan yang umum.  Penggunaan istilah yang diperoleh menyiratkan bahwa beberapa perubahan fisiologis atau struktural menyebabkan deformitas pada kaki yang sebelumnya secara struktural normal.

Selama beberapa dekade terakhir, minat pada biomekanik dan kontribusi anatomi terhadap deformitas ini telah menghasilkan wawasan yang lebih luas tentang etiologinya. Terlepas dari kejadian signifikan dari kondisi ini, masih ada beberapa perdebatan mengenai patofisiologinya. Kegagalan satu entitas anatomi saja tidak mungkin menjelaskan presentasi klinis AAFD. Sebaliknya, ketidakcocokan antara arch stabilizer aktif dan pasif adalah skenario yang lebih mungkin terjadi (lihat Patofisiologi dan Etiologi).

Insufisiensi atau disfungsi tendon tibialis posterior (PTT) secara historis dianggap sebagai penyebab paling umum AAFD.  Penelitian selanjutnya lebih berfokus pada pengekangan statis lengkung longitudinal medial. Pasien dengan insufisiensi PTT menunjukkan keterlibatan luas ligamen, terutama kompleks ligamen pegas, ligamentum interoseus talocalcaneal, dan ligamentum deltoid.  Karena patologi ligamen hampir sama dengan patologi PTT, penulis menyukai AAFD sebagai istilah yang paling akurat menggambarkan kondisi ini.

Insufisiensi PTT awalnya dijelaskan oleh Kulowski pada tahun 1936.  Pada tahun 1953, Key intraoperatif mengidentifikasi ruptur PTT yang diobati dengan eksisi.  Hal ini diikuti oleh artikel oleh Fowler dan Williams, yang masing-masing menampilkan tendinitis tibialis posterior sebagai sindrom, dengan saran bahwa intervensi bedah dapat berperan dalam pengobatan kondisi ini.

Hasil dari studi tahun 1969 oleh Kettelkamp dan Alexander mengungkapkan bahwa ketika pasien menunjukkan ruptur tendon dan koreksi bedah tertunda, hasil yang buruk dengan eksplorasi bedah dihasilkan. Penggunaan transfer fleksor digitorum longus (FDL) dipopulerkan pada tahun 1982 oleh Mann, Specht, dan Jahss ; Namun, deskripsi asli menggunakan transfer tendon untuk pengobatan deformitas kaki datar progresif dikaitkan dengan Goldner pada tahun 1974.

Tanda-tanda klinis penting dari disfungsi PTT (misalnya, tanda terlalu banyak jari kaki dan tes tumit kaki tunggal) telah dibahas oleh Johnson pada tahun 1983. Sistem klasifikasi yang diterima secara luas, diusulkan oleh Johnson pada tahun 1989 dan dimodifikasi oleh Myerson pada tahun 1997, mengklarifikasi rekomendasi pengobatan berdasarkan tingkat keparahan disfungsi PTT dan adaptasi kaki hingga kolapsnya lengkung longitudinal medial. Kebanyakan strategi pengobatan terus berfokus pada PTT sebagai link lemah di AAFD

Terekomendasi :  Ligamentum tarsometatarsal dorsal

TANDA DAN GEJALA

• Presentasi klinis dari kelainan bentuk kaki datar yang didapat orang dewasa (AAFD) bisa sangat bervariasi, begitu juga dengan perkembangan dan tingkat keparahan kondisi. Biasanya, presentasi berkorelasi langsung dengan stadium penyakit (lihat Stadium). Gejala yang umum muncul meliputi:
  • Deformitas pes planus (kaki rata) yang terlihat
  • Ketidakmampuan atau rasa sakit saat mencoba melakukan pengangkatan tumit satu kaki
  • Nyeri di sepanjang jalannya tendon tibialis posterior (PTT)
  • Kesulitan dalam berjalan
  • Keluhan awal yang biasa pada pasien dengan disfungsi PTT terdiri dari nyeri dan bengkak pada pergelangan kaki bagian tengah dan kaki bagian tengah saat menahan beban. Seiring waktu, pasien mungkin menyadari hilangnya lengkungan dan kecenderungan untuk berjalan di tepi bagian dalam kaki. Hilangnya kekuatan pushoff selama gaya berjalan terjadi, dan bisa terjadi pincang. Saat tumit pasien berpindah ke valgus dan kaki depan abduktus, tekanan antara kalkaneus dan fibula dapat berkembang, menyebabkan benturan yang menyakitkan antara pergelangan kaki lateral dan kalkaneus. Keausan abnormal pada tumit medial dan batas dalam alas kaki juga dapat dicatat.
  • Pasien pertama kali diperiksa sambil berdiri untuk memfasilitasi perbandingan antara kaki yang bergejala dengan kaki yang tidak bergejala. Ketinggian lengkung kedua kaki dinilai dan dibandingkan. Pada tahap selanjutnya dari disfungsi PTT, lengkungan diturunkan dan kaki depan diculik. Melihat kaki pasien dari belakang memungkinkan pemeriksa mengevaluasi penculikan kaki depan dan tumit valgus. Jari-jari kaki yang terlihat di samping tumit dihitung. Biasanya, satu atau dua jari kaki terlihat di samping tumit. Dalam kasus penculikan kaki depan yang signifikan, tiga atau lebih jari kaki terlihat. Tanda “too-many-toes” ini adalah tes untuk mengkonfirmasi penculikan kaki depan (lihat gambar di bawah).
  • Pes planus (kaki rata). Tanda terlalu banyak jari kaki. Tiga jari kaki lateral terlihat pada kaki kiri yang bergejala, dibandingkan dengan hanya dua jari pada kaki kanan (panah hitam). Kaki tengah medial menonjol dan bengkak (panah kuning).
  • Sudut yang membentuk tumit dengan sumbu longitudinal dari tungkai bawah (sudut tibiocalcaneal posterior) juga harus diukur. Sudut ini meningkat pada kasus tumit valgus yang signifikan. Pasien kemudian harus diminta untuk berdiri dengan satu kaki dan bangkit dengan jari-jari kaki; dia biasanya perlu berpegangan pada meja periksa atau dinding untuk keseimbangan selama manuver ini. Biasanya, tumit membalik saat otot tibialis posterior berkontraksi dan ketika kompleks gastrocnemius-soleus menyala. Dalam kasus disfungsi PTT, tumit tidak terbalik, dan pasien merasa manuver tumit satu tungkai ini menyakitkan, sulit, atau tidak mungkin (lihat gambar di bawah).
  • Pes planus (kaki rata). Tes tumit kaki tunggal. Pasien dengan disfungsi tendon tibialis posterior (PTT) tidak dapat berdiri dengan jari kaki karena ketidakmampuan untuk membalikkan kaki belakang.
  • Pasien kemudian diperiksa dengan duduk di meja pemeriksaan, dan jalannya PTT diraba untuk mencari nyeri tekan. Pembengkakan di sepanjang selubung PTT dapat terlihat, dan cairan dapat teraba di dalam selubung. Kekuatan tibialis posterior diuji dengan menahan kaki depan dalam posisi plantarflexion dan eversi dan meminta pasien untuk membalikkan kaki. Selama manuver ini, PTT harus diraba untuk menilai kontinuitasnya. Sinus tarsi dan daerah fibula distal juga harus diraba untuk mencari nyeri tekan karena pada tahap selanjutnya dari disfungsi PTT, daerah benturan ini juga bisa terasa nyeri.
  • Lutut direntangkan, kaki dipegang pada posisi netral subtalar, dan dorsofleksi pergelangan kaki pasif diukur. Biasanya, dorsofleksi 10-20 ° mungkin terjadi, tetapi dalam kasus pes planus yang sudah berlangsung lama, dorsofleksi melewati netral seringkali terbatas karena perkembangan kontraktur plantarflexion. Selama tahap akhir disfungsi PTT, sendi subtalar mungkin diperbaiki dalam eversi, dan inversi ke netral mungkin tidak mungkin.
  • Terakhir, kelenturan kaki depan dinilai dengan melakukan pronasi dan supinasi kaki depan sambil menahan tumit dalam posisi netral. Meskipun sambungan subtalar mungkin fleksibel, sambungan tarsal melintang mungkin telah menjadi tetap di varus, mencegah posisi kaki depan plantigrade (lihat gambar di bawah). Temuan ini memiliki implikasi penting untuk perawatan bedah.
  • Pes planus (kaki rata). Varus kaki depan cekat ditandai dengan peninggian sisi medial kaki depan, bahkan setelah tumit ditempatkan pada posisi netral.
Terekomendasi :  Patofisiologi dan Penyebab Club Foot

Terekomendasi :  Penanganan Terkini Foot Drop