Penanganan Terkini Foot Drop

Foot drop adalah kelainan gaya berjalan di mana jatuhnya kaki depan terjadi karena kelemahan, iritasi, atau kerusakan pada saraf fibular umum termasuk saraf skiatik, atau kelumpuhan otot di bagian anterior tungkai bawah. Biasanya ini merupakan gejala dari masalah yang lebih besar, bukan penyakit itu sendiri. Foot drop ditandai dengan ketidakmampuan atau gangguan kemampuan untuk mengangkat jari-jari kaki atau mengangkat kaki dari pergelangan kaki (dorsofleksi). Foot drop mungkin bersifat sementara atau permanen, tergantung pada sejauh mana kelemahan atau kelumpuhan otot dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua kaki. Saat berjalan, kaki yang diangkat sedikit ditekuk di lutut agar kaki tidak terseret di tanah.

PENANGANAN

• Gangguan yang mendasari harus diobati. Misalnya, jika herniasi tulang belakang di punggung bawah menimpa saraf yang menuju ke kaki dan menyebabkan gejala foot drop, maka herniasi diskus harus dirawat. Jika foot drop adalah akibat dari cedera saraf tepi, waktu pemulihan selama 18 bulan hingga 2 tahun sering disarankan. Jika tampak jelas bahwa tidak ada pemulihan fungsi saraf yang terjadi, intervensi bedah untuk memperbaiki atau mencangkok saraf dapat dipertimbangkan, meskipun hasil dari jenis intervensi ini beragam.
  • Perawatan non-bedah untuk stenosis tulang belakang mencakup program latihan yang sesuai yang dikembangkan oleh ahli terapi fisik, modifikasi aktivitas (menghindari aktivitas yang menyebabkan gejala lanjutan dari stenosis tulang belakang), suntikan epidural, dan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau aspirin. Jika perlu, operasi dekompresi yang merusak struktur normal minimal dapat digunakan untuk mengobati stenosis tulang belakang.
  • Perawatan non-bedah untuk kondisi ini sangat mirip dengan metode non-bedah yang dijelaskan di atas untuk stenosis tulang belakang. Operasi fusi tulang belakang mungkin diperlukan untuk mengobati kondisi ini, dengan banyak pasien yang meningkatkan fungsinya dan mengalami lebih sedikit rasa sakit.
  • Hampir setengah dari semua patah tulang belakang terjadi tanpa nyeri punggung yang signifikan. Jika obat pereda nyeri, aktivitas progresif, atau penyangga atau penyangga tidak membantu meredakan patah tulang, dua prosedur invasif minimal – vertebroplasti atau kyphoplasty – dapat menjadi pilihan.

Pertimbangan Pendekatan

• Foot drop sangat membuat stres, dan perhatian pada kebutuhan psikologis pasien sangat penting. Nyeri harus ditangani. Mengoptimalkan kontrol glukosa pada pasien diabetes dan mengelola defisiensi vitamin dengan suplemen vitamin B1, B6, atau B12 juga dapat bermanfaat.
  • Ketika foot drop tidak dapat menerima perawatan bedah, ankle-foot orthosis (AFO) sering digunakan. Jika foot drop disebabkan oleh hemiplegia, stimulasi saraf peroneal dapat dipertimbangkan. Foot drop karena trauma langsung pada dorsiflexor biasanya memerlukan perbaikan melalui pembedahan. Jika kerusakan saraf adalah penyebab foot drop, pengobatan diarahkan untuk memulihkan kontinuitas saraf, baik dengan perbaikan langsung atau dengan pengangkatan gangguan tersebut.
Terekomendasi :  Permasalahan Calcaneovalgus Pada Bayi Baru Lahir

Terapi Farmakologis

• Jika timbul nyeri parestesia, terkadang dapat ditangani secara efektif dengan blok simpatis atau sinovektomi laparoskopi. Pengobatan alternatif adalah amitriptyline, nortriptyline, duloxextine, pregabalin, dan gabapentin. Pengobatan lokal dengan capsaicin transdermal atau diklofenak juga dapat mengurangi gejala. Bahkan jika ada rasa sakit yang signifikan, obat-obatan narkotika harus diminimalkan.
  • Erythropoietin adalah hormon alami yang disetujui oleh Food and Drug Administration AS untuk pengobatan anemia tetapi juga memiliki pelindung saraf dan, mungkin, sifat neurotropik. Mekanisme kerja yang diusulkan adalah antiapoptosis dan anti-inflamasi, yang meningkatkan kelangsungan hidup sel. Erythropoietin diberikan dalam tiga dosis 5000 U / kg selama 1 minggu setelah cedera saraf. Ini memiliki profil efek samping yang minimal. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pengobatan eritropoietin mempercepat pemulihan fungsional setelah cedera saraf tepi.

Stimulasi Saraf

• Ketika foot drop disebabkan oleh hemiplegia, stimulasi saraf peroneal memiliki keunggulan potensial dibandingkan AFO, yaitu memberikan koreksi gaya berjalan aktif dan dapat disesuaikan untuk setiap pasien. Sebuah ledakan singkat dari stimulasi listrik diterapkan ke saraf peroneal umum antara fossa poplitea dan kepala fibular. Ledakan ini dikendalikan oleh sakelar di bagian tumit anggota tubuh yang terkena. Stimulator diaktifkan saat kaki diangkat dan dihentikan saat kaki menyentuh tanah. Ini mencapai dorsofleksi dan eversi selama fase ayunan gaya berjalan.
  • Dalam sebuah studi oleh Ring dkk efek dari neuroprostesis yang dikendalikan frekuensi radio dibandingkan dengan AFO standar pada 15 pasien dengan foot drop yang disebabkan oleh stroke atau cedera otak traumatis. Dibandingkan dengan AFO, neuroprostesis menghasilkan kontrol keseimbangan yang lebih baik selama berjalan dan dengan demikian mengatur foot drop lebih efektif.
  • Stimulator saraf dapat berupa eksternal atau implan dan diaktifkan frekuensi radio. Dalam studi pasien stroke dengan spastik hemiplegia, Chae dkk menemukan stimulasi listrik berguna pada sekitar 2% kasus. Metode ini dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas gaya berjalan, dan dapat berkontribusi pada pembelajaran ulang motorik.
  • Dalam sebuah penelitian terhadap 197 pasien yang mengalami stroke kira-kira 3 bulan sebelumnya, K Included dkk membandingkan penggunaan AFO dengan penggunaan stimulator foot-drop (FDS) untuk pengobatan foot drop. Mereka menyimpulkan bahwa kedua pendekatan menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kecepatan berjalan dan hasil fungsional, kepuasan pengguna lebih tinggi dengan FDS; mereka juga menekankan bahwa terapi awal dapat memberikan manfaat jangka panjang.
  • Van Swigchem et al mempelajari manfaat potensial dari stimulasi listrik fungsional peroneal (FES) versus AFO dalam hal kemampuan pasien untuk menghindari hambatan.
Terekomendasi :  Penanganan Terkini Paronikia Kronis

Ortosis Pergelangan Kaki

• AFO dapat digunakan untuk foot drop ketika operasi tidak diperlukan atau selama pemulihan bedah atau neurologis. Tujuan khusus AFO adalah untuk memberikan dorsofleksi jari kaki selama fase mengayun, stabilitas medial atau lateral pada pergelangan kaki selama berdiri, dan, jika perlu, stimulasi pushoff selama fase sikap akhir. AFO hanya membantu jika kaki dapat mencapai posisi plantigrade saat pasien berdiri. Kontraktur equinus apa pun menghalangi keberhasilan penggunaannya.
  • AFO yang paling umum digunakan di foot drop terbuat dari polypropylene dan dimasukkan ke dalam sepatu. Jika dipangkas agar sesuai dengan anterior malleoli, ia akan menghasilkan imobilisasi yang kaku. Alat ini digunakan saat ketidakstabilan atau kelenturan pergelangan kaki bermasalah, seperti yang terjadi pada pasien dengan penyakit neuron motorik atas atau stroke.
  • Jika AFO pas di posterior malleoli (tipe pegas daun posterior), plantarflexion pada tumit diperbolehkan, dan pushoff mengembalikan kaki ke netral untuk fase mengayun. Ini memberikan bantuan dorsofleksi dalam kasus deformitas equinovarus kejang lembek atau ringan. Orthosis penjepit sepatu yang menempel langsung ke konter tumit sepatu juga dapat digunakan.
  • Sebuah studi oleh Menotti dkk menunjukkan bahwa AFO anterior dikaitkan dengan biaya energi yang lebih rendah untuk berjalan dan tingkat kenyamanan yang dirasakan lebih tinggi daripada AFO posterior dan dengan demikian memungkinkan orang dengan foot drop untuk berjalan lebih jauh sambil mengeluarkan lebih sedikit upaya fisik.
  • Orthosis canggih yang dinamis untuk kaki drop
    • Pergelangan kaki dapat distabilkan dengan orthosis ringan, tersedia dalam plastik cetakan serta bahan yang lebih lembut yang menggunakan sifat elastis untuk mencegah foot drop. Selain itu, sepatu dapat dilengkapi dengan penyangga pegas tradisional untuk mencegah kaki jatuh saat berjalan. Olahraga teratur biasanya ditentukan.
    • Fungsional Electric Stimulation (FES) adalah teknik yang menggunakan arus listrik untuk mengaktifkan saraf yang menginervasi ekstremitas yang terkena kelumpuhan akibat cedera tulang belakang (SCI), cedera kepala, stroke, dan gangguan neurologis lainnya. FES terutama digunakan untuk memulihkan fungsi penyandang disabilitas. Kadang-kadang disebut sebagai stimulasi listrik neuromuskuler (NMES). Perawatan terbaru termasuk stimulasi saraf peroneal, yang mengangkat kaki saat Anda melangkah. Banyak pasien stroke dan sklerosis multipel dengan foot drop telah berhasil melakukannya. Seringkali, individu dengan foot drop lebih suka menggunakan teknik kompensasi seperti gaya berjalan di halaman atau naik pinggul daripada brace atau splint.
    • Perawatan untuk beberapa orang bisa semudah penyangga bagian bawah kaki berbentuk “L” (ankle-foot orthoses). Metode lain menggunakan manset yang dipasang di sekitar pergelangan kaki pasien, dan pegas dan kait bagian atas dipasang di bawah tali sepatu. Pengait terhubung ke manset pergelangan kaki dan mengangkat sepatu saat pasien berjalan.